Minggu, 04 Januari 2009

Vietnam Atur "Blogger"-nya

Vietnam Atur "Blogger"-nya

JAKARTA, SABTU — Dunia sedang demam blog. Di mana-mana orang sibuk nge-blog. Eforia blog ini ditanggapi lain oleh pemerintah Vietnam. Mereka tidak suka bila para blogger membicarakan hal-hal yang tidak disukainya.

Maka diberlakukanlah aturan baru. Di bawah undang-undang tersebut, blogger Vietnam hanya boleh membahas hal-hal yang bersifat pribadi dan bukan hal-hal yang bisa dianggap membahayakan sekuriti nasional. Blogger tidak boleh mengutipkan kekerasan, atau tindak kejahatan, membeberkan rahasia negara, atau menyertakan informasi tidak akurat yang bisa mencederai reputasi orang dan organisasi.

Peraturan baru itu juga mengharuskan perusahaan internet untuk melaporkan kepada pemerintah setiap enam bulan dan menyediakan informasi tentang blogger. Mereka juga diharapkan untuk menyensor konten yang menurut pemerintah berbahaya.

Kementerian Informasi dan Komunikasi Vietnam juga ingin para blogger menggunakan “bahasa Vietnam yang bersih dan sehat,” yang berarti tidak boleh ada kata makian, bahkan ketika Anda mengungkapkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pemerintah.
WIEK
SUMBER : KOMPAS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar